Selamat datang di www.zhaynuddin.com Alamat: Papua Barat Aimas Unit2 Jln.Terong

Minggu, 13 November 2011

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Hai Sobat Pembahasan kali ini mengenai Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk, Pada pembahasan sebelumnya yaitu mengenai Download antivirus Avira Terbaru 2012 Gratis dan Cara Menghilangkan virus autorun pada flashdisk dan Komputer, Okey Kita kembali lagi ke pembahasa kita yaitu Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk.
Oh ia Sobat Virus shortcut sangat mudah menyebar dan menginfeksi flash disk. Terutama flash disk yang terhubung ke komputer yang lebih dulu terinfeksi virus ini. Munculnya virus ini di flash disk memunculkan beberapa gangguan seperti muncul shortcut dari folder-folder yang tempatnya di root flash disk. Semakin banyak folder, maka semakin banyak pula shortcutnya. Tapi untunglah, folder yang dipalsukan hanya folder yang terletak di root flash disk saja dan tidak menduplikasi sub folder berikutnya. Selain itu, munculnya virus ini memberi kesan kumuh dan tidak teratur. Dan tentu saja ciri khas dari virus jenis ini akan mengganggu jalannya program dan mengganggu kinerja sampai merusak program. Untuk menangkal masuknya virus ini ke komputer maupun ke flash disk alangkah baiknya pasang antivirus yang ampuh. Jenis-jenis virus yang ampuh dan dapat menangani jenis virus ini silahkan pembaca cari di internet.

Okey hal yang perlu dilakukan ketika flash disk kita terserang virus shortcut adalah :

Pertama; Tenangkan diri, jangan tegang karenanya. Karena ketegangan dan kekhawatiran dapat memunculkan sikap berlebihan. Padahal virus shotcut ini adalah tergolong virus biasa dan mudah untuk dimusnahkan. Asalkan kita tahu cara membasminya. Ibarat hama, kita tahu cara menghancurkan dan memusnahkan hama.

Terus yang Kedua; Pikirkan dengan baik dan ikuti prosedur yang tepat untuk menanganinya. Cara pertama yang harus dilakukan adalah menghapus sumber datangnya virus tersebut. Karena sebenarnya shotcut yang muncul di dalam flash disk adalah hanya sekedar pengalih perhatian, sehingga kita terkecoh dengannya. Padahal sumber asli/ virus-otak utama di dalamnya- bersembunyi dibalik folder yang hidden (tersembunyi)

Nah Untuk memunculkan folder tersembunyi tempat virus bersarang, kita tinggal menampilkan Folder Options yang ada pada Windows Explorer, yaitu dengan cara klik Tools → Folder Options → pada tab View, pilih Show hidden files and folder.

Okey Sobat Jika cara ini kurang berhasil, maka lihatlah dengan bantuan program WinRAR. Dengan cara mengarahkan direktori pada flash disk kita. Klik File → change drive → pilih drive flash disk kita.




Perlu kita ketahui Jika cara ini pun kurang berhasil maka gunakanlah cara paksa untuk memunculkan folder superhidden. Caranya, bukalah program Command Prompt dengan cara klik Start → Program/ All Programs → Accessories → Command Promtp. Ketika telah muncul jendela Command Prompt, bukalah direktori flash disk kita dengan menuliskan drive kita. Misalkan di G maka tuliskan “G:” (tanpa tanda petik) dan tekan enter. Setelah itu tuliskan perintah untuk memunculkan folder atau file tersembunyi dengan cara ketik “attrib *.* -s –h /s /d” atau bisa dilihat fungsi masing-masing kode tersebut dengan mengetikkan “attrib /?”.

Memunculkan folder/ file yang tersembunyi bisa juga dilakukan dengan bantuan antivirus Smadav. Bukalah jendela utama aplikasi Smadav. Scan flash disk menggunakan antivirus tersebut. Jika terdapat file/ folder tersembunyi akan mudah terlihat di daftar file/ folder tersembunyi. Klik Unhide untuk memunculkan file/ folder yang tersembunyi tersebut.

Setelah proses berjalan, akan muncul folder atau file yang tersembunyi. Nah, di sinilah folder ‘markas’ virus itu muncul, biasanya terdapat dalan folder RECYCLE. Hapus folder tersebut.

Ketiga; Hapus shotcut-shotcut yang mengganggu pandangan mata. Supaya menghapus secara efisien, gunakanlah pengurutan berdasarkan tipe “short by”. Dan yang teridentifikasi sebagai shortcut maka hapuslah.

Penting!!!! Cara ini tidak akan berhasil jika komputer atau laptop yang digunakan untuk menghapus virus shortcut sudah terinfeksi virus. Maka alangkah baiknya, sebelum terjadi, installah anti virus yang ampuh untuk menanganinya.

Okey Sekian dulu Pembahasan kali ini mengenai Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk, Semoga bermanfaat. Amin

2 komentar:

UNIQUE mengatakan...

yakin, gan?

Ajun Setiadi mengatakan...

huuu.... kebobol duluan gan... pas agan baru buka itu flasdisk,, virus langsung nyebar... tetep cara paling ampuh hapus dulu virusnya pake antivirus yg handal..

Poskan Komentar

Hai sobatku please give me komentarnya untuk kemajuan blog ini dan silahkan masukin name/url sobat agar saya bisa mengunjungi blog sobat dan akan berkomentar balik, Trimakasih sob

Multi Informasi Trik Dan Tips